Maksud dari Browser Aman (Browsing Aman)

Advertisement

Materi Browser Aman/ Peramban Aman

image from apexitsol.com


Pendahuluan--

Bagi saya kata peramban asing di telinga,, enggak tau bagi kalian buat nyebutin Aplikasi yang dipake buat nyari informasi secara online  via internet (web) itu apa yaa, Kalo saya ya bilangnya Browser aja (yang perlu diingat kata browser ini adalah kata dalam bahasa inggris, namun sudah tidak asing lagi untuk pengistilahan di di Indonesia).

Istilah yang sering  saya dengar dari mereka ketika mau menggunakan Browser seperti: Akuu gogling dulu yaa, aku browsing duluu, aku ... apa lagi yaa? 

Istilah baku untuk aplikasi Browsing di Negara kita ini ya Peramban, cuman memang jarang saya dengar mereka bilang Kata Peramban, pasti punya istilah-istilah Unik dahh, 

Pengertian Peramban (Browser) aman

Peramban (Browser) aman adalah peramban web dengan tindakan keamanan ekstra yang membantu mencegah aktivitas pihak ketiga yang tidak sah saat kita menjelajahi web (internet). Peramban ini memiliki daftar putih, atau daftar program dan aktivitas resmi, dan mereka mencegah fungsi yang tidak ada dalam daftar yang disetujui untuk memulai.

Mengapa saya harus menggunakan browser yang aman?

Meskipun kamu mungkin akrab dengan perangkat lunak anti-spyware dan antivirus, yang bereaksi setelah ancaman menjadi nyata (Real-time protection), 

browser yang aman mencegah tindakan tertentu terjadi sejak awal, menjadikannya cara yang sangat proaktif untuk tetap aman di internet. 

Peramban yang aman membantu menghentikan alat pihak ketiga, seperti cookie. Cookie mengumpulkan informasi pribadi Kamu, seperti situs web yang Kamu kunjungi, nama pengguna dan kata sandi, serta data pelacakan lainnya. 

Browser yang aman juga tidak membagikan identitas.

Bahkan jika kamu menggunakan VPN , kamu hanya menyembunyikan alamat IP, lokasi, dan data saat transit. 

Browser  masih akan dapat mengekspos identitas Kamu melalui kebocoran atau sidik jari browser. 

Ini mungkin terdengar sedikit menakutkan, tetapi untungnya, Kamu dapat menggunakan browser yang aman bersama dengan VPN untuk melindungi identitas online dengan lebih baik.


Sumber:

  1. https://www.mcafee.com/en-us/safe-browser.html
  2. https://nordvpn.com/blog/best-privacy-browser/
  3. https://www.avg.com/en/signal/best-browsers-most-security-privacy
  4. https://www.avast.com/c-best-browsers-for-privacy
  5. https://www.expressvpn.com/blog/best-browsers-for-privacy/


Advertisement
Advertisement

You might also like

0 Comments