TIPS: Langkah-langkah Membuka Lowongan Kerja untuk Usaha Skala Kecil

Advertisement

 Langkah-langkah Membuka/Membuat Lowongan Kerja untuk Usaha Skala Kecil

Langkah-langkah Membuat lowongan kerja untuk skala kecil ini terinspirasi ketika saya sedang ada goncangan dalam usaha, sudah sana sini mau cari kerja belum dapet kerja ehh, Jadilah saya Kembali lagi ke Usaha saya dan Berusaha mengembangkannya, Kemudian terpikir lah menyusun langkah-langkah yang tepat supaya Usaha saya semakin baik dan dapat karyawan yang sip.

Langkah-langkahnya sebagai Berikut:


(Kalau bisa semua ini Tertulis dan Disimpan Sebagai Arsip ya)

  1. Tentukan Deskripsi Pekerjaan, Maksudnya apa-apa saja yang akan dikerjakan oleh Karyawan, Secara detail , Siapa tau ini nanti jadi Sebuah SOP ketika usaha yang kita rintis jadi besar
  2. Tentukan Jam Kerja dan Hari Libur, Pentingnya menentukan jam kerja dan Hari Libur ini agar Beban kerja sesuai dengan Waktu istirahat karyawan, Istirahat harian atau istirahat kerjanya. Misalkan Jam Kerja dalam Sehari Maksimal 8 Jam, lalu tentukan Mulai dan Selesainya jam berapa, dan Libur dalam 1 bulan Maksimal 5 Hari, Maka tinggal tentukan hari apa aja nanti Liburnya.
  3. Tentukan Gaji, Gaji enaknya ditentukan ketika sudah tau apa yang nanti dikerjakan dan jam kerjanya seperti apa, biar sinkron yaa, Patokannya Pada UMK (Upah Minimum Kabupaten/kota) , misalkan lokasi usaha kamu di Kota A, maka cek Update berapa UMK terbaru di Kota A, apakah nanti kalian mau Sesuai UMK ataukah di bawah atau Diatas, Pelajari Plus Minusnya terhadap Usaha Kalian, 
  4. Tentukan Kriteria umum, Kriteria Umum Seperti Jenis Kelamin, Usia, Lulusan Terakhir,
  5. Tentukan Kriteria Khusus, Kriteria Khusus Seperti Pengalaman, dan Keahlian khusus
  6. Sebarkan Lowongan ke Tempat yang tepat, intinya jangan sampai salah sebar, Sebar di Lokasi/Sosmed yang pas, di tempat mana yang kira-kira target karyawan akan melihatnya.
Image from manajemenbank.com


Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon