Penjelasan Lengkap Kurikulum dalam Dunia Pendidikan

Advertisement

Apa itu Kurikulum

BACA JUGA : 

    Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kurikulum diartikan Sebagai :

  1. Perangkat mata pelajaran yang diajarkan pada lembaga pendidikan dan juga diartikan sebagai,
  2.  perangkat mata kuliah mengenai bidang keahlian khusus.
dari Wikipedia, Kurikulum diartikan Sebagai perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan.

 Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut serta kebutuhan lapangan kerja. Lama waktu dalam satu kurikulum biasanya disesuaikan dengan maksud dan tujuan dari sistem pendidikan yang dilaksanakan. Kurikulum ini dimaksudkan untuk dapat mengarahkan pendidikan menuju arah dan tujuan yang dimaksudkan dalam kegiatan pembelajaran secara menyeluruh.

Fungsi Kurikulum bagi Guru

Bagi Guru Kurikulum itu sangatlah Penting, Dalam lingkungan sekolah telah ada kurikulum formal, yang bersifat tertulis. Guru-guru melaksanakan tugas mendidik secara formal, karena itu pendidikan yang berlangsung di sekolah disebut pendidikan formal.

Guru melaksanakan tugasnya sebagai pendidik dengan rencana dan persiapan yang matang. Mereka mengajar dengan tujuan yang jelas, bahan-bahan yang telah disusun secara sistematis dan rinci, dengan cara dan alat-alat yang telah dipilih dan dirancang secara cermat. Di sekolah guru melakukan interaksi pendidikan secara berencana dan sadar.


Fungsi Kurikulum bagi Siswa, 

Bagi Siswa Kurikulum adalah patokan utama dalam Proses Belajar Mengajar di Lembaga/ tempat Formal, Dari Kurikulum Siswa Tau apa yang akan mereka dapat dari Para Guru, Pelajaran-pelajaran, Kemampuan-kemampuan yang direncanakan tersusun rapi dalam Cerminan Sebuah Kurikulum yang dilaksanakan dalam Satuan Pendidikan,


Kedudukan Kurikulum dalam Pendidikan

Pendidikan berintikan interaksi antara pendidik dengan peserta didik dalam upaya membantu peserta didik menguasai tujuan-tujuan pendidikan. Interaksi pendidikan dapat berlangsung dalam lingkungan keluarga, sekolah, ataupun masyarakat. Dalam lingkungan keluarga, interaksi pendidikan terjadi antara orang tua sebagai pendidik dan anak sebagai peserta didik.

 Interaksi ini berjalan tanpa rencana tertulis. Orang tua sering tidak mempunyai rencana yang jelas dan rinci ke mana anaknya akan diarahkan, dengan cara apa mereka akan dididik, dan apa isi pendidikannya. Orang tua umumnya mempunyai harapan tertentu pada anaknya, mudah-mudahan ia menjadi orang saleh, sehat, pandai, dan sebagainya, tetapi bagaimana rincian sifat-sifat tersebut bagi mereka tidak jelas. Juga mereka tidak tahu apa yang harus diberikan dan bagaimana memberikannya agar anak-anaknya memiliki sifat-sifat tersebut.

Pendidikan dalam lingkungan sekolah lebih bersifat formal. Guru sebagai pendidik di sekolah telah dipersiapkan secara formal dalam lembaga pendidikan guru. la telah mempelajari ilmu, keterampilan, dan seni sebagai guru. la juga telah dibina untuk memiliki kepribadian sebagai pendidik. Lebih dari itu mereka juga telah diangkat dan diberi kepercayaan oleh masyarakat untuk menjadi guru, bukan sekadar dengan surat keputusan dari pejabat yang berwenang, tetapi juga dengan pengakuan dan penghargaan dari masyarakat, guru melaksanakan tugasnya sebagai pendidik dengan rencana dan persiapan yang matang. 

Mereka mengajar dengan tujuan yang jelas, bahan-bahan yang telah disusun secara sistematis dan rinci, dengan cara dan alat-alat yang telah dipilih dan dirancang secara cermat. Di sekolah guru melakukan interaksi pendidikan secara berencana dan sadar. Dalam lingkungan sekolah telah ada kurikulum formal, yang bersifat tertulis. Guru-guru melaksanakan tugas mendidik secara formal, karena itu pendidikan yang berlangsung di sekolah disebut pendidikan formal.

Image from elearningindustry.com

Sumber Referensi:

  1.  https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kurikulum
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Kurikulum
  3. Ahid, Nur. "Konsep dan teori kurikulum dalam dunia pendidikan." ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman 1.1 (2006): 12-29.

Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon