Gula Darah Normal dan Tidak Normal (Diabetes)

Advertisement

 Penjelasan Satuan Kadar Gula Darah mg/dl adalah dibaca

mymaxdoc.com

 (Terakhir Diupdate: 14 November 2020)

Angka Glukosa Darah (Angka Gula Darah)  adalah besaran yang menunjukkan banyaknya glukosa yang terkandung dalam setiap satuan volume darah. Satuan angka glukosa darah adalah milligram/deciliter (mg/dL), Jadi Banyaknya Glukosa adalah dalam satuan miligram (mg), dan satuan darahnya adalah deciliter (dL). Karena masyarakat umum biasa menganggap glukosa identik dengan gula, maka glukosa darah seringkali disebut sebagai gula darah. Jadi istilah angka gula darah sesungguhnya adalah angka glukosa darah.

Maksud Memahami mg/dL

Untuk Membantu Mengingatkan 1 gram = 1000 miligram (1000 mg)

dan 1 Liter = 10 desiliter (10 dL)

Jadi Misalkan ada orang yang kadar Gula darahnya 200 mg/dL, Maka maksudnya adalah kadar gula yang dimiliki orang itu adalah 200 miligram per (setiap) 1 desiliter. Atau bisa juga dimaknai ke Bahasa persamaan Matematika maka Kadar gula orang tersebut adalah 2000 miligram per (setiap) 1 Liter air. Semoga konsep ini bisa dipahami dengan mudah yaa !. 

 Gula Darah Normal dan Tidak Normal (Diabetes)

Sedangkan Kadar Gula darah Normal itu biasanya antara 70-200 mg/dL, Gula darah terlalu rendah atau hipoglikemia terjadi ketika kadar gula darah di bawah 70 mg/dL. Kondisi ini juga umum terjadi pada penderita diabetes, yaitu akibat efek samping obat antidiabetes yang dikonsumsinya. Obat antidiabetes, khususnya insulin, bisa menurunkan kadar gula darah secara berlebihan. 

Kadar gula darah dikatakan terlalu tinggi jika melebihi 200 mg/dL. Istilah medis untuk kadar gula darah terlalu tinggi adalah hiperglikemia.

Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula (glukosa) darah. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia.

Sumber Referensi :

  1. https://ukurandansatuan.com/berapa-angka-normal-gula-darah.html/
  2. https://www.alodokter.com/arti-tinggi-dan-rendahnya-kadar-gula-darah-dalam-tubuh
  3. https://www.alodokter.com/diabetes

Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon