Belajar dari Impor

Advertisement

Definisi Impor

Image from hipwee.com

Pengertian impor adalah kegiatan yang menjual barang dari luar kedalam negeri untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Misalnya saja Indonesia tidak memiliki tanaman gandum karena gandum tidak bisa tumbuh di Indonesia, untuk itu pihak Indonesia meminta bantuan negara lain untuk mendatangkan gandum ke Indonesia, nah hal inilah yang disebut dengan kegiatan impor.
Dua hal ini, baik ekspor maupun impor merupakan hubungan yang baik dan memiliki tujuan masing-masing. Bila kegiatan ekspor dan impor berjalan baik, maka ekonomo sebuah negara akan lebih maju.




Kenapa Indonesia Masih Impor?



Pada saat ini sedang hangatnya diperbincangkan isu mengenai impor pangan yang akan dilakukan oleh Indonesia tahun ini. Padahal Indonesia merupakan negara agraris yang terkenal dengan sumber daya alamnya yang melimpah. Namun, mengapa dalam hal ini Indonesia masih harus mengimpor?
Negara Indonesia dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat tidak lepas dari kegiatan impor. Sudah jelas bahwa Indonesia dari dulu telah melakukan impor dari negara–negara seperti Thailand, Kamboja, dll. Semuanya telah diperhitungkan dengan baik antara permintaan dan penawarannya, begitu pula dengan import gula dan beras yang akan dilakukan Indonesia tahun ini.
”Indonesia secara geografis memang negara agraris, namun sektor pertanian bukan merupakan sektor prioritas pembangunan di Indonesia sejak Pelita 4, era pemerintahan Soeharto,” ujar Suyanto SE Mec Dev PhD, Dekan Fakultas Bisnis dan Eknonomika (FBE). Itulah mengapa Indonesia masih harus mengimpor bahan pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

barang yang diimpor dari luar negeri ke Indonesia


Dibawah ini saya akan menyajikan Cuplikan data dari Badan Pusat Statistik tentang barang yang diimpor ke Indonesia di Tahun 2019 :

  1. Impor Beras
  2. Impor Gandum dan Meslin
  3. Impor Buah-buahan
  4. Impor Daging
  5. Impor Garam
  6. Impor Gula Pasir
  7. Impor Kedelai
  8. dan masih banyak lagi

Sumber :

1. http://genggaminternet.com/pengertian-tujuan-manfaat-kegiatan-ekspor-dan-impor/
2. https://www.ubaya.ac.id/2014/content/interview_detail/50/Kaya-akan-Sumber-Daya-Alam--masih-Mengimpor-.html
3. https://www.bps.go.id/subject/8/ekspor-impor.html#subjekViewTab3
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon