Penjelasan lengkap teknik sampling jenuh.

Advertisement
Dalam bidang studi statistika mengenal metode pengambilan sample. Metode pengambilan sample dibagi menjadi 2 yaitu probability sampling dan non probability sampling.




Probability sampling meliputi Simple Random Sampling, Systematic Random Sampling, Stratified Random Sampling, Cluster Sampling, Multistage Sampling, dan Area Sampling.

Non Probability sampling meliputi Purposive Sampling, Accidental Sampling atau Convenience Sampling, Kuota Sampling, Sampling Jenuh dan Snowball Sampling.

Nah.. yang akan kita bahas adalah Sampling Jenuh.


Sampling Jenuh

image from slideshare.net/


sampling jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sampling Jenuh berbeda dengan sensus karena sensus populasinya besar sedangkan sampling jenuh menggunakan populasi yang relatif kecil meskipun keduanya sama sama menggunakan seluruh populasi untuk dijadikan sample.

Kelebihan dari Sampling Jenuh adalah mudah, praktis, murah dan tidak memerlukan waktu untuk pengumpulan data sampel.

Kelemahannya adalah tidak cocok untuk populasi dengan anggotanya yang besar (hanya cocok untuk kelompok populasi kecil)


Contoh penggunaan Sampling/sampel Jenuh


Contohnya :
Misalnya akan diteliti sebuah kinerja guru di salah satu sekolah swasta di Jakarta. Karena jumlah guru hanya ada 35 maka seluruh guru dijadikan sample.

Demikian penjelasan mengenai teknik sampling jenuh, untuk mengetahui teknik sampling secara umum silakan lihat artikel dibawah ini:

                        Teknik Sampling Secara Keseluruhan




Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon