Pengertian penelitian eksplanatori ( explanatory research ) menurut pendapat ahli

Advertisement

Explanatory Research

image from scholarshipfellow.com

Penelitian eksplanatori ( explanatory research ) bersifat penjelasan dan bertujuan untuk menguji suatu teori atau hipotesis guna memperkuat atau bahkan menolak teori atau hipotesis hasil penelitian yang sudah ada. Contoh penelitian eksplanatori ( explanatory research ) bidang SDM antara lain :


  1. Pengaruh budaya organisasi dan kepemimpinan terhadap kinerja karyawan. Hipotesis yang akan diuji adalah budaya organisasi dan kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja karyawan.
  2. Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan. Hipotesis yang akan diuji adalah motivasi dan kepuasan kerja berpengaruh terhadap prestasi kerja karyawan.

Pengertian penelitian eksplanatori ( explanatory research ) menurut pendapat ahli, antara lain:

  1. Menurut (Umar,1999:36) penelitian eksplanatori ( explanatory research ) adalah penelitian yang bertujuan untuk menganalisis hubungan-hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya atau bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lainnya.
  2. Menurut Singarimbun dan Effendy (1995 : 4) penelitian eksplanatori ( explanatory research ) merupakan penelitian penjelasan yang menyoroti hubungan kausal antara variable-variabel penelitian dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya.
  3. Menurut pendapat lain, penelitian eksplanatori ( explanatory research ) adalah penelitian yang berusaha untuk mengklarifikasikan mengapa dan bagaimana adanya hubungan diantara dua aspek dan dua fenomena.
  4. Ahli lainnya juga mengatakan bahwa penelitian eksplanatori ( explanatory research ) : merupakan penelitian yang dilakukan untuk mencari jawaban why dan how . Umumnya penelitian ini di dasarkan pada teori yang dipakai sebagai kriteria untuk mencari jawaban tersebut.

Explanatory research mencoba memberi penjelasan tentang mengapa dan bagaimana suatu hubungan dapat terjadi dalam suatu situasi. Misalnya jika ditemukan bahwa pengaruh teknologi informasi pada pekerjaan adalah adanya peningkatan kemampuan karyawannya dalam mengerjakan pekerjaannya, maka research ini memberi penjelasan mengapa hal itu dapat terjadi.

Exploratory research menekankan pada penyelidikan dan eksplorasi dari sesuatu yang belum diketahui atau belum banyak informasi yang tersedia tentang hal atau tempat atau situasi tertentu.  Penelitian ini juga merupakan feasibility study atau studi kelayakan pada sesuatu.


Exploratory Research


Exploratory research adalah sebuah penelitian yang bertujuan untuk mengkaji masalah-masalah yang belum terpecahkan. Selain itu juga digunakan untuk memunculkan new insight serta ide yang baru. Biasanya exploratory research digunakan sebagai penunjang penelitian utama yang informasinya belum jelas. Penelitian exploratory hampir sama dengan investigatory project. Jadi, pada exploratory research peneliti menghimpun data yang kemudian diambil kesimpulan dari data-data tersebut. Perbedaan exploratory research dengan exploratory study ialah waktu yang dihabiskan dalam study ini. Exploratory Research membutuhkan waktu yang lebih lama dalam mengidentifikasi informasi.

Dilansir dari : https://psikologibahagia.wordpress.com/
    Advertisement

    You might also like

    0 Comments


    EmoticonEmoticon