Review Bank Syariah Mandiri Tanjung

Advertisement
Admin Orang Islam jadi pastinya menggunakan world view islam untuk melaksanakan segala sesuatu, salah satu bidangnya yaitu ekonomi. Admin menggunakan Bank Syariah untuk melakukan transaksi, yang sedang berlangsung sekarang , yang admin gunakan adalah Bank Syariah Mandiri,

di bawah ini ada cuplikan waktu admin berada di Bank Syariah Mandiri Tanjung.

Foto tersebut rencana awalnya mau ditag di Instagram sama Instagramnya Bank Syariah Mandiri Tanjung, tapi karena admin cari Instagramnya nggak ada jadi yaaa admin tag Instagram BSM pusat.

di BSM Tanjung, pegawainya ramah ramah, dan ruangannya enakk,,, dan mereka selalu mengharap berkah untuk kita dan mengucap salam, Asik banget kan !!

admin disini cuma pingin berbagi ajaa,, enggak dibayar iklan sama sekali oleh pihak BSM wahahaha.

 Kenapa Harus Beralih ke Bank Syariah? Ini Alasanya...
Mungkin banyak dari masyarakat yang masih beranggapan bahwa Bank Syariah dan Bank Konvensional itu sama saja. Padahal sebenarnya, bank syariah dan bank konvensional mempunyai perbedaan-perbedaan yang patut untuk di cermati.

Berikut ini adalah perbedaan-perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional:


1. Segi Akad


Dalam bank syariah akad yang dilakukan memiliki konsekuensi dunia dan akhirat karena akad yang dilakukan berdasarkan hukum islam. Setiap akad dalam perbankan syariah baik dalam hal barang, pelaku, transaksi maupun ketentuan lainnya haruslah memenuhi syarat-syarat berikut:
  • Barang dan jasa harus halal sehingga transaksi atas barang dan jasa yang haram menjadi batal karena hukum syariah.
  • Harga barang dan jasa harus jelas
  • Tempat penyerahan harus jelas karena akan berdampak pada biaya transportasi
  • Barang yang di transaksikan harus sepenuhnya dalam kepemilikan, tidak boleh menjual sesuatu yang belum dimiliki seperti yang terjadi pada transaksi short sale dalam pasar modal.
Sedangkan dalam bank konvensional transaksi atas barang dan jasa yang ditawarkan oleh bank mencakup yang halal dan haram, serta diperbolehkannya transaksi short sale dalam pasar modal.
Setiap akad dalam perbankan syariah baik dalam barang, pelaku, transaksi maupun ketentuan biaya harus memenuhi rukun dan syarat.


2. Investasi


Proyek yang dibiayai oleh Bank Syariah tentunya merupakan proyek yang jelas mengandung beberapa hal pokok antara lain:
  • Proyek yang dibiayai merupakan proyek halal
  • Proyek yang bermanfaat bagi masyarakat
  • Proyek yang dibiayai merupakan proyek yang menguntungkan bagi bank maupun mitra usaha
Sebaliknya Bank Konvensional, tidak mempertimbangkan jenis investasinya, akan tetapi penyaluran dananya dilakukan untuk perusahaan yang menguntungkan, meskipun menurut syariah islam tergolong produk yang tidak halal. Misalnya proyek perusahaan minuman keras, dapat dibiayai oleh Bank Konvensional apabila proyeknya menguntungkan. Namun sebaliknya, meskipun menguntungkan, apabila produknya haram seperti pabrik minuman keras maka Bank Syariah tidak akan membiayai.


3. Return


Return yang diberikan oleh bank syariah kepada pihak investor, dihitung dengan menggunakan sistem bagi hasil, sehingga adil bagi kedua belah pihak. Dari sisi penghimpun dana pihak ketiga, bila bank syariah memperoleh pendapatan besar, maka nasabah investor juga akan menerima bagi hasil yang besar, dan sebaliknya  (SUMBER LENGKAPNYA BISA KALIAN BACA DI LINK BERIKUT) https://www.syariahmandiri.co.id/news-update/edukasi-syariah/kenapa-harus-beralih-ke-bank-syariah-ini-alasanya


Author : Admin


kalau dirasa teman2 bermanfaat tolong dishare yaa !!

jangan lupa cantumkan sumber, karena kalo enggak mencantumkan sumber, sama aja kalian nyuri, nyolong, maling.


salam semangat, dan mari tetap belajar menjadi lebih baik   !

Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon