Pengalaman PKM ( Praktik Kerja Mahasiswa)

Advertisement
Memasuki semester tujuh, mahasiswa STIA Tabalong akan dihadapkan pada mata kuliah PKM alias Praktek Kerja Mahasiswa. Apa itu?
image by author

Jadi, PKM adalah mata kuliah yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk merasakan suasana kerja di instansi-instansi yang terkait dengan program studinya. Untuk program studi Administrasi Publik lebih diarahkan ke instansi-instansi pemerintah seperti dinas-dinas dan kantor-kantor desa. Sementara Administrasi Bisnis biasanya ditempatkan di instansi swasta.



Pada awalnya mahasiswa diminta mengisi formulir yang salah satu isiannya adalah tempat PKM. Mahasiswa bisa memilih sendiri dimana ia ingin ditempatkan. Tetapi, jika masih bingung, isian tersebut bisa dikosongkan sehingga penempatan ditentukan oleh pihak kampus. Saat mengambil mata kuliah ini pada 2017 lalu, saya ditempatkan di kantor Dinas Lingkingan Hidup Kabupaten Tabalong sesuai pilihan sendiri.

Seingat saya ada dua kali pengarahan sebelum akhirnya dilakukan pelepasan. Nantinya untuk masing-masing tempat praktek, ditugaskan seorang dosen sebagai penanggungjawab sekaligus pembimbing bagi beberapa mahasiswa.

Masa praktek saya di Dinas Lingkungan Hidup terbilang singkat, yaitu kurang dari dua minggu. Hal ini saya rasa disebabkan oleh sistem penghitungan kehadiran yang dihitung berdasarkan jam. Mahasiswa harus memenuhi 16 kali pertemuan dengan perhitungan satu pertemuan = 2,5 jam. Dalam waktu sesingkat itu, mahasiswa dituntut untuk memperoleh gambaran situasi kerja di instansi tempat mereka praktek. Secara pribadi, dengan kemampuan adaptasi yang rendah, saya cukup kesulitan untuk memahami secara utuh bagaimana tupoksi hingga uraian kerja di kantor tersebut.

Namun secara umum, mata kuliah ini merupakan program yang bagus untuk setidaknya memberikan pengalaman kuliah lapangan bagi mahasiswa STIA Tabalong. Dan agar manfaat tersebut dapat tersebut maksimal, tentunya mahasiswa sendirilah yang harus berperan aktif selama masa PKM. Di antara caranya adalah dengan meningkatkan kepekaan serta menunjukkan minat yang tinggi terhadap instansi tersebut, tetapi jangan lupa untuk tetap mengedepankan etika dan tata krama.



Author : Nina Isye Marwati





kalau dirasa teman2 bermanfaat tolong dishare yaa !!


jangan lupa cantumkan sumber, karena kalo enggak mencantumkan sumber, sama aja kalian nyuri, nyolong, maling.



salam semangat, dan mari tetap belajar menjadi lebih baik   !

Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon