Pembayaran Pajak Kendaraan di Samsat Bank Kalsel Kelua, Tabalong | Kalimantan Selatan

Advertisement

Samsat di ruangan tingkat 2

Apabila kita mempunyai kendaraan bermotor baik itu sepeda motor dan mobil ataupun truck kita bisa melakukan langkah pembayaran kendaraan bermotor anda secara mudah. Saat ini banyak cara mengetahui besaran biaya pajak kendaraan bermotor tanpa perlu ribet, cukup ditempat kita sudah bisa mengetahui berapa biaya pajak motor yang harus kita bayar. Untuk proses pembayaran pajak kendaraan, sebisa mungkin untuk menghindari calo karena akan merugikan kita sendiri dengan tambahan biaya yang tidak sedikit. Namun, bila terpaut jarak dan waktu yang tidak memungkinkan, bolehlah menggunakan biro jasa yang harganya masih masuk akal.  Nah untuk pembayaran pajak motor sendiri ada Pajak tahunan  dan pembayaran pajak ganti STNK lima tahunan, nanti kita bahas syarat dan langkahnya.

Untuk pembayaran pajak kendaraan satu tahunan, kita bisa melakukan di kantor bersama samsat (KB Samsat) yang ada juga di Bank Kalsel Kelua. Inovasi yang dilakukan oleh pemerintah dalam hal layanan pembayaran pajak kendaraan adalah dibukanya samsat corner, samsat keliling dan e samsat. Samsat corner bisa anda jumpai di kota-kota besar seperti Surabaya yang ada di Royal Plasa, Grand City Mall, Tunjungan Plasa dan lain sebagainya. Sedangkan untuk Samsat keliling bisa anda jumpai sesuai jadwal samsat keliling yang ada di kecamatan, pedesaan di daerah kita. Untuk E samsat dapat dijumpai di Jateng, Jabar, DKI, Jatim dan NAD (Aceh).


Syarat dan Langkah Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor


Persyaratan yang harus dilengkapi dan dibawa saat pembayaraan pajak kendaraan bermotor (satu tahunan) adalah :
  1. STNK asli
  2. KTP asli yang masih berlaku sesuai nama di STNK dan BPKP.
  3. Sejumlah uang.
(Pengalaman admin kemaren datang langsung nunjukin STNK habis itu nunggu dipanggil, karena tidak ada system antrian nomor dll per Augustus 2018)

Langkah pembayaran di kantor samsat, langsung menuju loket untuk pembayaran STNK tahunan. Bayar dan Pajak sudah tercetak, STNK juga sudah disahkan. Untuk pembayaran di samsat corner, Samsat keliling dan drive thru juga sama. Tinggal kasihkan STNK dan KTP lalu bayar dan selesai dah. Apabila tidak ada KTP asli yang sesuai dengan STNK, contoh kasus bisa menggunakan identitas lain seperti SIM, Passpor, Buku Nikah. Admin sendiri sudah pernah mencobanya.

Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon