Bijak Menggunakan Obat (BIMO)

Advertisement

Bijak Menggunakan Obat (BIMO)

image from meetdoctor.com

        Seiring berjalannya waktu,  teknologi berkembang sangat pesat di berbagai bidang, terutama di bidang kesehatan seperti farmasi yang telah banyak menemukan berbagai macam jenis obat obatan yang dapat mencegah, menyembuhkan atau mendiagnosa sebuah penyakit. seperti yang kita tau banyak penyakit yang muncul di kalangan masyarakat yang memiliki kebiasaan pola hidup tidak sehat dan tidak bersih sehingga membuat virus atau bakteri mudah sekali tumbuh dan berkembang.


Kurangnya kesadaran akan kebersihan dan pola hidup tidak sehat inilah yang menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit mulai dari penyakit ringan hingga penyakit berat.  Cara penanganannya pun sudah beragam mulai dari cara tradisional dengan menggunakan bahan alami hingga cara modern yang didukung teknologi canggih. Masyarakat sekarang lebih menyukai sesuatu yang cepat dan praktis begitu pula dengan proses pengobatan.  



       Dikalangan masyarakat sendiri sudah tidak asing lagi dengan kata obat-obatan yang di jual di pasaran dengan berbagai merk, bentuk dan rasa. hampir semua masyarakat menggunakan obat-obatan untuk menyembuhkan penyakitnya, hanya saja kurangnya kesadaran akan pentingnya mengenali gejala penyakit yang membuat masyarakat salah dalam memilih obat untuk penyakitnya.

  Banyak sekali penyalahangunaan obat-oabtan di kalangan masyarakat contoh nya seperti penyalah gunaan obat antihistamin (alergi) yang memiliki efek mudah mengantuk sehingga banyak orang menganggap bahwa obat tersebut adalah obat tidur, yang kedua adalah penyalahgunaan antibiotik inilah yang paling sering terjadi. antibiotik biasanya digunakan oleh masyarakat untuk mengobati penyakit yang di deritanya, antibiotik bukanlah obat yang bisa digunakan untuk semua penyakit. Antibiotik hanya dapat digunakan dan efektif untuk infeksi bakteri saja, pemberian antibiotik tidak sesuai kebutuhan akan menyebabkan bakteri menjadi kebal (resisten).

     Sehingga ketika seseorang sakit padahal dia tidak memerlukan antibiotik untuk mengobati sakitnya dan antibiotik tersebut digunakan terus menerus tanpa disadari ketika orang tersebut sakit dan memerlukan antibiotik yang sama maka kemungkinan antibiotik tersebut tidak dapat bekerja lagi sehingga orang tersebut memerlukan antibiotik yang lebih kuat, padahal jika orang tersebut tahu bahwa penyakit sebelumnya tidak perlu antibiotik maka kemungkinan antibiotik tersebut dapat bekerja dengan baik.  oleh karena itu bijaklah menggunakan obat-obatan atau jika merasa penyakit yang anda alami tidak terlalu para bisa mengkonsultasikan ke apoteker kesayangan anda tapi jika dirasa penyakit tersebut perlu ditangani dengan serius maka anda bisa melakukan hal-hal berikut :


1. Lihat gejala nya
2. Kenali penyakitnya
3. Diagnosa penyebabnya
4. Konsultasikan dengan dokter
5. Pahami pengobatannya (sesuai arahan dari dokter)
6. Pahami jenis dan aturan pemakaian obatnya sehingga penanganan penyakit anda dapat     terselesaikan dengan sesuai dan benar.


Author :Gabriella Elma Fanisya


kalau dirasa teman2 bermanfaat tolong dishare yaa !!


jangan lupa cantumkan sumber, karena kalo enggak mencantumkan sumber, sama aja kalian nyuri, nyolong, maling.



salam semangat, dan mari tetap belajar menjadi lebih baik   !
Advertisement
Previous
This Is The Oldest Page

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon